Senin, 04 Maret 2013

Tertawa itu sehat



Banyak cerita menggambarkan keramahan orang Indonesia mampu meninggalkan kesan tersendiri, bagi turis mancanegara.Ya, memang diakui kehangatan dan keramahan penduduk negeri ini kerap terpancar dari senyum tulus maupun tertawa riang di dalam kebiasaan sehari-hari.
Ada beberapa poin positif yang dapat dipetik dari aktivitas hahahaalias tertawa ini. Bahkan sudah ada yang menjadikannya sebagai bagian dari terapi kesehatan.

Diambil dari artikel kesehatan The Health Benefits of Laughterdalam situs Seniors Health Medicare, inilah beberapa manfaat positif tertawa bagi kesehatan,antara lain : Membantu mengurangi rasa sakit. Hal ini telah diteliti Dr Lee Berk,Pengajar Bidang Kesehatan Masyarakat dari Loma Linda University,Amerika Serikat.

Dalam penelitian yang dilakukan Berk terlihat bagaimana beberapa sampel darah dari responden yang telah diinformarmasikan 3 hari sebelumnya akan menonton film komedi,mengalami peningkatan.Kenaikan itu terjadi sebesar 27% pada hormon beta-endorphins,sebuah hormon alamiah menekan rasa sakit.

Manfaat tertawa lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal itu dibuktikan oleh Michael Miller MD FACC,Direktur Bidang Kardiologi Preventif dari University of Maryland Medical Centre,Amerika Serikat.Menurut Miller dengan tertawa memungkinkan lapisan dalam pembuluh darah menjadi lebih lebar. Otomatis,aliran darah berjalan lebih lancar, karena mampu mengurangi penyumbatan darah dan meningkatkan jumlah dan aktivitas natural killer cells untuk menyerang sel jahat,seperti kanker. Ia juga dapat membantu menangani infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), serta meningkatkan tingkat gamma interferon, sejenis protein yang mengaktifkan komponen-komponen penunjang sistem kekebalan tubuh.

Jadi,tunggu apa lagi,tertawalah dengan riang dan sesuka hati.Ajak teman,kerabat untuk menonton film komedi,sehingga manfaat tertawa bisa distimulasi besama-sama.[AJG]

Sumber : KOMPAS eds.09/03/2012